Sabtu, 15 Juli 2017

5 Fungsi Penggunaan Can Dalam Kalimat Bahasa Inggris

Juli 15, 2017
Ayo Belajar Toefl Gratis - Pada postingan kali ini, penulis akan membahasa penggunaan Can dalam kalimat bahasa Inggris yang dapat digunakan dalam percakapan sehari-hari. Can mempunyai beberapa fungsi dan fungsi utama yang sering digunakan adalah tentang sebuah kemampuan atau ability. Misalnya kemampuan seseorang dalam menulis, kemampuan seorang anak mengendarai sepeda, kemampuan seorang siswa dalam berbicara bahasa Inggris dan kemampuan jenis lainnya. 

Dan apakah kamu tahu jika selain fungsi Can diatas, modal bentuk ini mempunyai fungsi lain yang akan dibahas di penjelasan berikut ini. Silahkan simak dan pahami penjelasannya. 


1. Menerangkan sebuah kemungkinan

Fungsi pertama dalam penggunaan Can adalah untuk menyatakan suatu kemungkinan atau ketidakmungkinan dalam melakukan suatu kegiatan. Untuk dapat lebih memahami fungsi pertama dalam penggunaan Can, silahkan baca dan pahami contoh kalimat-kalimat berikut ini.

Can you tell John that I will go to Jakarta tomorrow?
I can’t go to school because I’m sick.
You can go home and meet your family now.
You can use my pen if you want to write a letter.

Silahkan anda lihat contoh kalimat pertama yang mengatakan jika “Dapatkah kamu member tahu John jika Saya akan pergi ke Jakarta besok?”. Pembicara atau speaker tersebut mengatakan sebuah kemungkinan jika dia akan pergi ke Jakarta besok. Untuk fungsi penggunaan Can yang kedua, dapat dibaca di teks berikutnya.

2. Menjelaskan sebuah kemampuan

I can speak Javanese and Lampungnese well.
I cannot swim.
I can play guitar because I want to be a great musician.
Kita dapat melihat di contoh kedua jika “Saya tidak dapat berenang”. Dalam kalimat tersebut pembicara atau speaker ingin memberitahu jika ia tidak dapat berenang. Lalu untuk contoh kalimat ketiga, pembicara menerangkan jika ia mampu bermain gitar karena ia ingin menjadi musisi yang hebat. Itu adalah penjelasan  untuk fungsi penggunaan Can yang kedua.

3. Memberikan atau meminta izin
Can I borrow your English book?
Can I use your pen?
You can close the door now.
You cannot join my English class today.

Kita dapat membaca untuk contoh kalimat pertama bahwa “Dapatkah saya meminjam buku Bahasa Inggris kamu?”. Secara kalimat langsung, pembicara atau speaker meminta ijin untuk meminjam buku Bahasa Inggris ke lawan bicaranya. Kemudia di kalimat ketiga, kita dapat membaca jika “Kamu dapat menutup pintu sekarang”. Dalam kalimat ini, kita dapat menyimpulkan jika pembicara atau speaker memberikan ijin kepada lawan bicaranya untuk dapat menutup sebuah pintu saat itu.

4. Menawarkan sesuatu, meminta, dan memberikan instruksi

What can I do for helping you?
Can you open the window, please?
When you finish your practice, you can open the next page and discuss the material.

Pada kalimat pertama, kita dapat membaca jika pembicara atau speaker menawarkan sebuah bantuan dengan berkata “Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu kamu?”. Lalu untuk contoh kalimat kedua menerangkan sebuah permintaan untuk membuka jendela, Dan contoh kalimat terakhir memberikan sebuah instruksi untuk membuka halaman selanjutnya dan melakukan diskusi jika sudah menyelesaikan sebuah latihan. 

5. Berkaitan dengan indera perasa dan situasi saat ini
Can you smell my new perfume?
I cannot hear about our English teacher explanation.
I can eat this cake. This is very delicious.  
I can see many people look at us now.

“Apakah kamu dapat mencium wangi parfum baru saya?”, Itu adalah arti dari contoh kalimat pertama. Dan empat contoh kalimat di atas menjelaskan jika ada sesuatu yang terjadi saat ini dan pembicara atau speaker menggunakan Can di dalam kalimat-kalimat tersebut. Jadi fungsi penggunaan kelima Can dalam Bahasa Inggris adalah berkaitan dengan indera perasa dan menerangkan situasi saat ini.

Catatan : Jika kamu ingin menggunakan Can dalam kalimat negative, silahkan gunakan cannot atau can’t. Dan bila dalam bentuk kalimat tanya, gunakan Can di awal kalimat dan jangan lupa gunakan tanda tanya.

Itulah 5 fungsi penggunaan Can dalam Bahasa Inggris. Silahkan dipelajari agar mahir dalam berbahasa Inggris.

Share this :

0 komentar:

Posting Komentar