Sabtu, 15 Juli 2017

Pengertian Simple Present Tense dalam Bahasa Inggris dan 3 Fungsinya

Juli 15, 2017
Ayo Belajar Toefl Gratis- Diantara banyak tenses, simple present tense adalah tenses yang paling kita sering gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Fungsi tenses ini adalah untuk menyatakan suatu fakta, menuliskan sesuatu peristiwa yang terjadi secara permanen dan menerangkan sebuah kebiasaan. Penulis akan memberikan beberapa contoh penggunaan simple present tense dalam Bahasa Indonesia. 



Bu Diah adalah seorang guru.
Andi belajar di SMA 3.
Mereka bekerja sama mengerjakan tugas kampus.
Way Kambas terletak di Lampung.

Keempat kalimat di atas adalah contoh dari kalimat present tense. Untuk kalimat keempat adalah kalimat yang menerangkan sebuah fakta. Dan untuk kalimat kedua dan ketiga adalah contoh dari yang menerangkan sebuah peristiwa dan masih berlangsung. Di penjelasan berikutnya, pembaca dapat memperhatikan dengan lebih mudah memahami lagi. Silahkan perhatikan contoh di bawah ini.

I read carefully.
She reads carefully.
He reads carefully.
You read carefully.
They read carefully.

Simple present merupakan tenses yang paling sederhana dan sangat mudah penggunaannya. Fokus utama dalam tenses ini adalah dalam penggunaan subjek dan kata kerja yang digunakannya (bold). Dan apabila pembaca ingin menggunakan kata she, he, dan it. Sobat harus menambahkan kata s atau es pada verb atau kata kerjanya.

Coba perhatikan lagi contoh berikut ini.

I go to school every week day.
She goes to school every week day.
He goes to school every week day.
You go to school every week day.
They go to school every week day.

Untuk contoh di atas, verb atau kata kerja yang di gunakan hanya go dan goes. Perbedaannya akan terlihat pada subjek yang digunakan. Jika pembaca menggunakan subjek He dan She, maka kata kerja “go” harus ditambah “es” sehingga menjadi “goes”. Untuk struktur kalimatnya, masih sama dengan contoh sebelumnya dimana subjek harus diikuti oleh kata kerja atau verb bentuk pertama. Mudah bukan dalam penggunaannya? Semoga anda semakin paham dalam penggunaan simple present tense dalam kalimat tulisan dan lisan?

Fungsi Simple Present Tense

Sebelumnya anda sudah mempelajari cara menulis sebuah kalimat dengan menggunakan simple present tense. Kali ini kita akan mempelajari fungsi simple present tense. Tenses jenis ini mempunyai beberapa fungsi yang akan dijelaskan dalam beberapa contoh di bawah ini:

1.Mengatakan sebuah kebiasaan (habit)
I go to school every week day.
She watches television every morning.
They start to watch Korean drama at 10.00 pm every saturday.
I always drink coffee before I study.

2.Mengatakan sebuah fakta
Mr Johnson and Mrs. Johnson have four children.
My high school is in West Kalimantan.
Pontianak is the capital city in West Kalimantan.

3. Mengatakan sebuah fakta di masa mendatang yang terjadwal di sebuah kalender.
 Christmas Eve  falls on a Sunday for this year.
The grammar class starts at 9.00 am tomorrow morning.
We begin to start our school project next week.

Itu adalah contoh membuat kalimat dalam present tense dan fungsi fungsinya. Semoga dengan penjelasan singkat di atas dapat membuat pembaca lebih mudah dalam memahami tenses jenis ini. Nantikan postikan kami berikutnya tentang materi Bahasa Inggris secara online, mudah dan terupdate. Jika suka dengan postingan, kami berharap sobat dapat membagikan nya di social media kalian sepert facebook, twitter atau instagram.

Share this :

0 komentar:

Posting Komentar